Nur Azizah, Wafiq (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KINEMASTER UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (192kB)
![[thumbnail of 2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (124kB)
![[thumbnail of 3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (135kB)
![[thumbnail of 4. LEMBAR KEASLIAN TULISAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
4. LEMBAR KEASLIAN TULISAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (135kB)
![[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
5. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (254kB)
![[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
6. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (258kB)
![[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
7. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (156kB)
![[thumbnail of 8. BAB I.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (289kB) | Request a copy
![[thumbnail of 9. BAB II.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
9. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (768kB) | Request a copy
![[thumbnail of 10. BAB III.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
10. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (439kB) | Request a copy
![[thumbnail of 11. BAB IV.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
11. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (976kB) | Request a copy
![[thumbnail of 12. BAB V.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
12. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (261kB) | Request a copy
![[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (189kB)
![[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
14. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis
KineMaster Untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa dan untuk mengetahui
Kelayakan Media, Kepraktisan serta peningkatan literasi digital siswa. Metode
penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan
model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini
menggunakan angket. Subek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas XI KMP
2A dan kelas XI KMP 2C dengan total 45 siswa. Pada tahap uji coba dilakukan
dengan dua tahap yaitu, uji coba kelompok kecil yang berjumlah 10 siswa dan uji
coba lapangan yang berjumlah 35 siswa untuk memberikan penilaian
kemenarikan pada media yang dikembangkan. Teknik analisis data pada
penelitian menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penilaian
kelayakan oleh ahli materi termasuk dalam kriteria “Sangat Layak” dengan nilai
rata-rata perentase sebesar 94%, hasil penilaian oleh ahli media termasuk dalam
kriteria ‘Sangat Layak” dengan nilai rata-rata persentase sebesar 81,43%, dan
hasil penilaian oleh ahli pendidikan termasuk dalam kriteria “Layak”dengan nilai
rata-rata persentase sebesar 95%. Hasil penilaian kepraktisan pada uji coba
kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 86% yang termasuk
kedalam kriteria “Sangat Praktis” sedangkan hasil uji coba lapangan memperoleh
nilai rata-rata persentase sebesar 87% termask kedalam kriteria “Sangat Praktis”.
Hasil literasi digital siswa setelah penggunaan media pembelajaran meningkat
dengan n-gain score 0,56 yang termasuk kedalam kategori “Cukup Efektif”.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka pengembangan Media Pembelajaran
ini layak digunakan dengan kategori “Sangat Layak”, “Sangat Praktis” dan
“Cukup Efektif” untuk dijadikan salah satu sumber media belajar matematika di
SMA Plus Permata Insani Islamic School.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Thesis advisor Fadillah, Ahmad 0405118503 UNSPECIFIED Thesis advisor Purnama Pradja, Barra 0419097906 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, KineMaster, Literasi Digital |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | puteri permatasari |
Date Deposited: | 02 May 2025 10:13 |
Last Modified: | 02 May 2025 10:21 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1134 |