Ain, Nurul (2024) DESAIN RISET MATERI GEOMETRI MELALUI PEMBELAJARAN RME. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (157kB)
![[thumbnail of 2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (111kB)
![[thumbnail of 3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (130kB)
![[thumbnail of 4. LEMBAR KEASLIAN TULISAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
4. LEMBAR KEASLIAN TULISAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (132kB)
![[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
5. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (45kB)
![[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
6. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (67kB)
![[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
7. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (56kB)
![[thumbnail of 8. BAB I.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (129kB) | Request a copy
![[thumbnail of 9. BAB II.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
9. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (465kB) | Request a copy
![[thumbnail of 10. BAB III.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
10. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (316kB) | Request a copy
![[thumbnail of 11. BAB IV.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
11. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (778kB) | Request a copy
![[thumbnail of 12. BAB V.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
12. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (50kB) | Request a copy
![[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (117kB)
![[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
14. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Materi Geometri merupakan materi matematika yang dianggap sulit dipahami oleh siswa SMA
kelas XII dimana salah satunya adalah submateri jarak. Hal tersebut tersebut dikarenakan
umumnya siswa tidak memahami konsep jarak pada materi dimensi tiga. Penelitian ini
merupakan penelitian desain (design research) yang dirancang untuk memberikan suatu
pertimbangan yang baik terhadap proses pembelajaran jarak pada dimensi tiga melalui dugaan�dugaan yang dibangun dalam kerangka analisis hypotetical learning trajectory (HLT) yang
kemudian diujicobakan dalam model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME)
mendasari dari seluruh kegiatan penelitian desain riset. Design research dilakukan dalam tiga
tahap, yaitu desain pendahuluan yang dimana peneliti mendesain HLT sebagai dugaan awal
lalu percobaan mengajar yang terdiri siklus 1 dan siklus 2. Siklus 1 siswa melakukan
pengukuran sesuai dengan HLT yang telah dibuat, terdapat perbedaan strategi siswa dengan
HLT yang dibuat sehingga dikembangkan dan digunakan untuk Siklus 2. Pada siklus 2 siswa
melakukan pengukuran sesuai dengan HLT yang dikembangkan pada siklus satu yaitu dengan
menambahkan Gambaran pengukuran jarak serta pengukuran dua dimensi, sehingga pada
siklus 2 sebanding dengan HLT yang telah dikembangkan. Tahap ketiga analisis retrospektif
HLT yang telah dibuat dan dikembangkan sebanding dengan proses pengukuran siswa.
Penelitian melibatkan menggunakan sampel sebanyak 27 siswa SMA kelas XII SMA Permata
Insani Islamic School yang terdiri 6 orang siswa pada siklus satu dan 27 siswa pada siklus
kedua. Hasil penelitian dapat menunjukan bahwa serangkaian kegiatan pembelajaran dengan
PMR dapat membawa siswa dari situasi konkret menuju situasi yang lebih formal. Siswa
mampu memahami konsep jarak pada dimensi tiga dengan model pembelajaran RME.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Thesis advisor Warsito, Warsito 0322117402 UNSPECIFIED Thesis advisor Tirta Safitri, Prahesti 0414038802 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai dengan jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Desain riset, Realistic Mathematics Education (RME), hypotetical learning trajectory (HLT) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | puteri permatasari |
Date Deposited: | 02 May 2025 10:20 |
Last Modified: | 02 May 2025 10:20 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1135 |