Ain, Nurul (2024) DESAIN RISET MATERI GEOMETRI MELALUI PEMBELAJARAN RME. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (157kB)
![[thumbnail of 2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (111kB)
![[thumbnail of 3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (130kB)
![[thumbnail of 4. LEMBAR KEASLIAN TULISAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
4. LEMBAR KEASLIAN TULISAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (132kB)
![[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
5. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (45kB)
![[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (67kB)
![[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
7. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (56kB)
![[thumbnail of 8. BAB I.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
8. BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (129kB) | Request a copy
![[thumbnail of 9. BAB II.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
9. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (465kB) | Request a copy
![[thumbnail of 10. BAB III.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
10. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (316kB) | Request a copy
![[thumbnail of 11. BAB IV.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
11. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (778kB) | Request a copy
![[thumbnail of 12. BAB V.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
12. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (50kB) | Request a copy
![[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (117kB)
![[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
14. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Materi Geometri merupakan materi matematika yang dianggap sulit dipahami oleh siswa SMA 
kelas XII dimana salah satunya adalah submateri jarak. Hal tersebut tersebut dikarenakan
umumnya siswa tidak memahami konsep jarak pada materi dimensi tiga. Penelitian ini 
merupakan penelitian desain (design research) yang dirancang untuk memberikan suatu 
pertimbangan yang baik terhadap proses pembelajaran jarak pada dimensi tiga melalui dugaan�dugaan yang dibangun dalam kerangka analisis hypotetical learning trajectory (HLT) yang 
kemudian diujicobakan dalam model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME)
mendasari dari seluruh kegiatan penelitian desain riset. Design research dilakukan dalam tiga 
tahap, yaitu desain pendahuluan yang dimana peneliti mendesain HLT sebagai dugaan awal 
lalu percobaan mengajar yang terdiri siklus 1 dan siklus 2. Siklus 1 siswa melakukan 
pengukuran sesuai dengan HLT yang telah dibuat, terdapat perbedaan strategi siswa dengan 
HLT yang dibuat sehingga dikembangkan dan digunakan untuk Siklus 2. Pada siklus 2 siswa 
melakukan pengukuran sesuai dengan HLT yang dikembangkan pada siklus satu yaitu dengan 
menambahkan Gambaran pengukuran jarak serta pengukuran dua dimensi, sehingga pada 
siklus 2 sebanding dengan HLT yang telah dikembangkan. Tahap ketiga analisis retrospektif
HLT yang telah dibuat dan dikembangkan sebanding dengan proses pengukuran siswa.
Penelitian melibatkan menggunakan sampel sebanyak 27 siswa SMA kelas XII SMA Permata 
Insani Islamic School yang terdiri 6 orang siswa pada siklus satu dan 27 siswa pada siklus 
kedua. Hasil penelitian dapat menunjukan bahwa serangkaian kegiatan pembelajaran dengan 
PMR dapat membawa siswa dari situasi konkret menuju situasi yang lebih formal. Siswa 
mampu memahami konsep jarak pada dimensi tiga dengan model pembelajaran RME.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | 
|---|---|
| Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Thesis advisor Warsito, Warsito 0322117402 UNSPECIFIED Thesis advisor Tirta Safitri, Prahesti 0414038802 UNSPECIFIED | 
| Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai dengan jurusan jika menginginkan full paper | 
| Uncontrolled Keywords: | Desain riset, Realistic Mathematics Education (RME), hypotetical learning trajectory (HLT) | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika | 
| Depositing User: | puteri permatasari | 
| Date Deposited: | 02 May 2025 10:20 | 
| Last Modified: | 02 May 2025 10:20 | 
| URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1135 | 

