Ally Akbar Agustin, Ally (2024) PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMPENGARUHI PEMILIH PADA PEMILU 2024 DI KELURAHAN KUTABUMI, KECAMATAN PASAR KEMIS, KABUPATEN TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tangerang.
![[thumbnail of 1.Bagian Awal Skripsi.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
1.Bagian Awal Skripsi.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 2.Bagian Isi Skripsi.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
2.Bagian Isi Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (491kB) | Request a copy
![[thumbnail of 3.Bagian Akhir Skripsi.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
3.Bagian Akhir Skripsi.pdf
Download (315kB)
Abstract
enelitian ini berjudul “Peran Media Sosial Dalam Mempengaruhi Pemilih Pada Pemilu 2024 Di Kelurahan Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang”. Topik ini dipilih karena media sosial memiliki peran yang penting pada politik, terutama dalam konteks pemilihan umum. Seiring dengan meningkatnya penggunaan media sosial sebagai sumber informasi utama, terutama di era digital, penting untuk memahami bagaimana platform ini dapat mempengaruhi perilaku dan keputusan politik seseorang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui studi pustaka dan studi lapangan berupa observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat di perumahan Pondok Indah, Kelurahan Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data atau pemilahan sesuai permasalahan penelitian. Hasil penelitian ini menujukan bahwa perkembangan teknologi informasi, khususnya media sosial, telah mengubah cara masyarakat menerima dan menyebarkan sumber informasi,
termasuk informasi tentang isu politik. Khususnya pada masyarakat di Perumahan Pondok Indah, Kelurahan Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Media sosial tidak hanya berfungsi sebagai sumber informasi saja, tetapi juga dapat membentuk sikap dan karakter orang dalam pandangan atau keputusannya terhadap politiknya.
Kata Kunci: Media Sosial, Komunikasi Politik, Opini Publik, Pemilu
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Thesis advisor Amiludin, AMILUDIN Nidn0425118502 UNSPECIFIED |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Tanti Kurnia perpusfisip |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 07:00 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 07:00 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1197 |