WAHIDATUL ROMDIYANY, JELAVIANTIE (2020) ANALISIS SEQUENTIAL EXPLORATORY HUBUNGAN POLA ASUH PENDIDIKAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MTs SATU ATAP (SA) NURUL HUDA CURUG WETAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tangerang.
SKRIPSI JELAVIANTIE WR (1686208042).docx
Download (2MB)
image9.jpeg
Download (58kB) | Preview
image14.jpg
Download (358kB) | Preview
image2.jpeg
Download (21kB) | Preview
image12.jpeg
Download (49kB) | Preview
image18.jpeg
Download (182kB) | Preview
image6.jpeg
Download (52kB) | Preview
image1.jpeg
Download (71kB) | Preview
image4.jpeg
Download (66kB) | Preview
image8.jpeg
Download (37kB) | Preview
image13.jpeg
Download (355kB) | Preview
image17.jpeg
Download (181kB) | Preview
image5.jpeg
Download (59kB) | Preview
image3.jpeg
Download (70kB) | Preview
image15.jpg
Download (234kB) | Preview
image7.jpeg
Download (100kB) | Preview
image11.jpeg
Download (117kB) | Preview
image10.jpeg
Download (40kB) | Preview
image16.jpeg
Download (34kB) | Preview
Abstract
Pendidikan keluarga adalah dasar bagi pendidikan anak, selanjutnya hasil-hasil pendidikan yang diperoleh anak dalam keluarga menentukan pendidikan anak itu disekolah maupun di masyarakat. Dengan kata lain orang tua sebagai penanggung jawab pendidikan yang pertama dan yang utama. Dikatakan yang pertama karena sebelum anak sekolah dia telah mengenal terlebih dahulu lingkungan keluarga dan dikatakan yang utama karena pendidikan dalam keluarga merupakan landasan atau dasar untuk perkembangan anak pada masa selanjutnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe pola asuh pendidikan keluarga siswa kelas VIII. untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran fiqh dan untuk mengetahui bagaimana hubungan pola asuh pendidikan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqh di MTs Satu Atap (SA) Nurul Huda Curug Wetan.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Mix Methods, yaitu penggabungan antara metode kualitatif dan kuantitatif dalam satu penelitian, Mixed methods (metode gabungan: kualitatif-kuantitatif) adalah metode dengan menggunakan gabungan pada prosedur penelitian, dimana salah satu metode lebih dominan terhadap metode yang lain. Metode yang kurang dominan hanya diposisikan sebagai metode pelengkap sebagai data tambahan. Adapun metode yang lebih dominan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan sebagai metode pelengkapnya adalah metode kuantitatif.
Kesimpulan yang diperoleh tentang hubungan pola asuh pendidikan keluarga dengan prestasi belajar mata pelajaran fiqh kelas VIII MTs Satu Atap (SA) Nurul Huda Curug Wetan dikategorikan baik, dapat dibuktikan dalam penelitian melalui angket yang disebarkan pada 29 siswa dan orangtua (wali murid) dengan rata-rata hasil angket mengenai pola asuh pendidikan keluarga=67, kenyataan tersebut diperkuat dengan korelasi yang mencapai sebesar = 0,480, merupakan korelasi positif, dan hasil uji t diperoleh thitung sebesar = 2,251 dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu ttabel sebesar = 2,051.
Kata Kunci : Pola Asuh, Pendidikan Keluarga, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | admin fai |
Date Deposited: | 04 May 2024 08:29 |
Last Modified: | 04 May 2024 08:29 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/386 |