PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

HAZAIRIN FARAIDH, FAIZAL (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

[thumbnail of COVER_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx] Text
COVER_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (416kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx] Text
LEMBAR PENGESAHAN_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx] Text
ABSTRAK_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (29kB)
[thumbnail of BAB I_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx] Text
BAB I_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (38kB)
[thumbnail of BAB II_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx] Text
BAB II_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (53kB)
[thumbnail of BAB III_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx] Text
BAB III_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (57kB)
[thumbnail of BAB IV_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx] Text
BAB IV_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (75kB)
[thumbnail of BAB V_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx] Text
BAB V_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx] Text
DAFTAR PUSTAKA_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27kB)

Abstract

Belakangan ini proses pembelajaran di kelas diperlukan sesuatu yang baru. Hal ini selaras dengan tuntutan di era sekarang, yaitu anak dituntut untuk berfikir kreatif agar dapat bersaing dimasa yang akan datang. Oleh karena itu, guru disarankan untuk tidak hanya menggunakan metode konvesional. Salah satu metode pembelajaran yang tepat agar menarik kreativitas siswa adalah metode pembelajaran mind mapping. Metode mind mapping dapat menyeimbangkan proses belajar dengan cara kerja otak kiri dan kanan. Dengan menggunakan metode mind mapping siswa akan terlatih untuk berfikir kreatif sehingga akan berpengaruh juga dengan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang. 2) Untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang. 3) Untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang. Sampel penelitian ini adalah VII Utsman sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 dan Kelas VII Aisyah sebagai kelas kontrol dengan siswa berjumlah 30. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dan angket. Tes digunakan untuk mengukur kemapuan pengetahuan dan keterampilan siswa. Angket digunakan untuk mengetahui kreativitas siswa. Kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 25.0 dengan uji Independent Sample T-Test dan uji Manova (Multivariate Analysis of Variance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang ditunjukkan dengan thitung sebesar 7,229 nilai sig. sebesar 0,000 yang berarti thitung = 7.229 > ttabel = 1,672 dan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis pada penelitian ini dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang. 2) Ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang ditunjukkan dengan thitung sebesar 15.846 dan sig. sebesar 0,000 yang berarti thitung = 15,846> 1,672 dan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis penelitian ini dinyatakan bahwa ada pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang. 3) Ada pengaruh metode mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang yang ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti < 0,05 sehingga hipotesis penelitian ini dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Author
HAZAIRIN FARAIDH, FAIZAL
1886208086
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Rohim, M.Pd, Abdul
739591
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fathi Halimi, M.Pd.I, Muhammad
1216987
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ADMIN FAI
Date Deposited: 04 May 2024 08:30
Last Modified: 08 Oct 2024 05:05
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/399

Actions (login required)

View Item
View Item