HAZAIRIN FARAIDH, FAIZAL (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tangerang.
COVER_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (416kB)
LEMBAR PENGESAHAN_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
ABSTRAK_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (29kB)
BAB I_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (38kB)
BAB II_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (53kB)
BAB III_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (57kB)
BAB IV_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (75kB)
BAB V_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (27kB)
DAFTAR PUSTAKA_FAIZAL HAZAIRIN FARAIDH.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (27kB)
Abstract
Belakangan ini proses pembelajaran di kelas diperlukan sesuatu yang baru. Hal ini selaras dengan tuntutan di era sekarang, yaitu anak dituntut untuk berfikir kreatif agar dapat bersaing dimasa yang akan datang. Oleh karena itu, guru disarankan untuk tidak hanya menggunakan metode konvesional. Salah satu metode pembelajaran yang tepat agar menarik kreativitas siswa adalah metode pembelajaran mind mapping. Metode mind mapping dapat menyeimbangkan proses belajar dengan cara kerja otak kiri dan kanan. Dengan menggunakan metode mind mapping siswa akan terlatih untuk berfikir kreatif sehingga akan berpengaruh juga dengan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang. 2) Untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang. 3) Untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang. Sampel penelitian ini adalah VII Utsman sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 dan Kelas VII Aisyah sebagai kelas kontrol dengan siswa berjumlah 30. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dan angket. Tes digunakan untuk mengukur kemapuan pengetahuan dan keterampilan siswa. Angket digunakan untuk mengetahui kreativitas siswa. Kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 25.0 dengan uji Independent Sample T-Test dan uji Manova (Multivariate Analysis of Variance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang ditunjukkan dengan thitung sebesar 7,229 nilai sig. sebesar 0,000 yang berarti thitung = 7.229 > ttabel = 1,672 dan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis pada penelitian ini dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang. 2) Ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang ditunjukkan dengan thitung sebesar 15.846 dan sig. sebesar 0,000 yang berarti thitung = 15,846> 1,672 dan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis penelitian ini dinyatakan bahwa ada pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang. 3) Ada pengaruh metode mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang yang ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti < 0,05 sehingga hipotesis penelitian ini dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP-IT Cordova 2 Kabupaten Tangerang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author HAZAIRIN FARAIDH, FAIZAL 1886208086 UNSPECIFIED Thesis advisor Rohim, M.Pd, Abdul 739591 UNSPECIFIED Thesis advisor Fathi Halimi, M.Pd.I, Muhammad 1216987 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 04 May 2024 08:30 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 05:05 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/399 |