REZA ALFAZRI, MUHAMMAD (2023) PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs AL-ISLAMIYAH CILEDUG TANGERANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tangerang.
COVER_MUHAMMAD REZA ALFARIZI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (40kB)
LEMBAR PENGESAHAN_MUHAMMAD REZA ALFARIZI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (135kB)
ABSTRAK_MUHAMMAD REZA ALFARIZI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (75kB)
BAB I_MUHAMMAD REZA ALFARIZI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (202kB)
BAB II_MUHAMMAD REZA ALFARIZI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (229kB)
BAB III_MUHAMMAD REZA ALFARIZI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (115kB)
BAB IV_MUHAMMAD REZA ALFARIZI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (139kB)
BAB V_MUHAMMAD REZA ALFARIZI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (28kB)
DAFTAR PUSTAKA_MUHAMMAD REZA ALFARIZI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (116kB)
Abstract
Skripsi ini dilatar belakangi pada saat ini masih banyak kita jumpai guru
Pendidikan Agama Islam yang menyampaikan materi pelajaran hanya dengan
metode ceramah khususnya pada mata pelajaran Akidah Akhlak, hal ini membuat
peserta didik merasa bosan dan tidak tertarik dengan apa yang disampaikan oleh
guru tersebut. Hal yang seperti inilah yang membuat pelajaran (Akidah Akhlak)
banyak kurang diminati oleh peserta didik dan isi dari materi yang disampaikan
guru tidak akan dapat dipahami secara mendalam oleh peserta didik. Maka dari itu
seorang guru harus mampu membuat susana belajar yang nyaman dan menarik
baik dari segi metode, cara penyampaian dan strategi mengajar. Penelitian ini
bertujuan ntuk mengetahui Pengelolaan Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran
Aqidah Akhlak Kelas VII Di MTS Al-Islamiyah Ciledug Tangerang. Untuk
mengetahui apa kendala yang di hadapi Guru Mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas
VII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTS Al-Islamiyah Ciledug
Tangerang. Dan mengetahui pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas
VII di MTS Al-Islamiyah Ciledug Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan
data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan metode wawancara, observasi
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: 1). Pengelolaan sumber belajar di
MTs Al-Islamiyah terbilang sudah cukup baik, karena disisi lain alat bantu dalam
proses belajar sudah baik dengan sumber yang ada seperti Buku paket, serta
menggunakan Video visual sebagai media pembelajaran. 2). Kendala yang
dihadapi guru akidah akhlak dalam pengelolaan sumber belajar adalah banyak
peserta didik yang kurang dalam menghafal karena sumber belajar yang dipakai
nya untuk pembelajaran belum didapati oleh peserta didik. Dan proses
pembelajaran pada saat itu hanya mendengarkan dan mencatat apa yang
disampaikan oleh guru bidang studi. 3). Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-
Islamiyah pada saat ini peserta didik masih belum mempunyai sumber belajar
seperti LKS (Lembar Kerja Siswa) ini menjadi salah satu faktor penghambat
dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Islamiyah. Dan yang menjadi
faktor pendukung nya adalah peserta didik turut aktif dalam pembelajaran tersebut
walaupun keterbatasan sumber belajar, dan cara penyampaian guru bidang studi
Aqidah Akhlak yang begitu sampai dipahami oleh peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | admin fai |
Date Deposited: | 13 May 2024 02:59 |
Last Modified: | 13 May 2024 02:59 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/420 |