ADAWIYYAH, ELSAN (2023) STUDI KOMPARATIF MAHARAH AL-KITABAH BAHASA ARAB ANTARA SISWA YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN MTS DAN SMP DI KELAS X MA AL-MANSYURIYAH SEPATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
COVER_ELSAN ADAWIYYAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (39kB)
LEMBAR PENGESAHAN_ELSAN ADAWIYYAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (119kB)
ABSTRAK_ELSAN ADAWIYYAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (48kB)
BAB I_ELSAN ADAWIYYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (196kB)
BAB II_ELSAN ADAWIYYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (228kB)
BAB III_ELSAN ADAWIYYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (271kB)
BAB IV_ELSAN ADAWIYYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (322kB)
BAB V_ELSAN ADAWIYYAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (179kB)
DAFTAR PUSTAKA_ELSAN ADAWIYYAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (114kB)
Abstract
Bahasa arab merupakan salah satu pelajaran yang wajib dipelajari di pondok pesantren. Selain bahasa Arab ada juga pelajaran imla' yaitu pelajaran tentang maharah al-kitabah (keterampilan menulis) bahasa arab. Maharah al-kitabah adalah salah satu keterampilan yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa Arab. Karena di dalam pondok pesantren terdapat dua golongan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda, ada yang dari alumni SMP dan alumni MTs.
Maka dalam penelitian ini akan ada perbandingan antara siswa alumni SMP dan MTs tujuannya untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dalam keterampilan menulis bahasa arab dan untuk mengetahui cara pengajaran dan pembelajaran maharah al-kitabah (keterampilan menulis) bahasa Arab.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 10 dari siswa alumni MTs dan 10 Alumni SMP dari 58 siswa. Penelitian ini juga menggunakan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ho diterima artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara siswa alumni SMP dan MTs karna t hitung < t tabel artinya nilai t hitung lebih kecil dibanding t tabel. Mengingat tidak menutup kemungkinan siswa alumni SMP juga mahir dalam menulis bahasa Arab karna mereka sudah belajar bahsa Arab sebelumnya di lingkungan rumahnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author ADAWIYYAH, ELSAN 1988204039 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silakan menghubungi Admin Perpustakaan FAI jika ingin mendapatkan full paper. |
Uncontrolled Keywords: | Maharah Al-Kitabah; Latar Belakang Pendidikan; Perbandingan (Komparatif). |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 06:21 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 02:58 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/459 |