UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHALAT BERJAMAAH SISWA-SISWI DI MTsN 3 KABUPATEN TANGERANG

NURCAHYANI, ALVINA (2024) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHALAT BERJAMAAH SISWA-SISWI DI MTsN 3 KABUPATEN TANGERANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.

[thumbnail of COVER_ALVINA NURCAHYANI.pdf] Text
COVER_ALVINA NURCAHYANI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (46kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_ALVINA NURCAHYANI.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_ALVINA NURCAHYANI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (300kB)
[thumbnail of ABSTRAK_ALVINA NURCAHYANI.pdf] Text
ABSTRAK_ALVINA NURCAHYANI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (50kB)
[thumbnail of BAB I_ALVINA NURCAHYANI.pdf] Text
BAB I_ALVINA NURCAHYANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (264kB)
[thumbnail of BAB II_ALVINA NURCAHYANI.pdf] Text
BAB II_ALVINA NURCAHYANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (312kB)
[thumbnail of BAB III_ALVINA NURCAHYANI.pdf] Text
BAB III_ALVINA NURCAHYANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (86kB)
[thumbnail of BAB IV_ALVINA NURCAHYANI.pdf] Text
BAB IV_ALVINA NURCAHYANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (269kB)
[thumbnail of BAB V_ALVINA NURCAHYANI.pdf] Text
BAB V_ALVINA NURCAHYANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (52kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_ALVINA NURCAHYANI.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_ALVINA NURCAHYANI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (182kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui (1) Upaya guru Pendidikan agama
Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di MTsN 3 Kab
Tangerang. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat
upaya guru Pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat
berjamaah siswa di MTsN 3 Kab Tangerang. Objek dari penelitian ini adalah guru
PAI dan siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan
menggunakan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh dari guru PAI yang diperoleh
dari lapangan, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan. Teknik keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi teknik,
trianggulasi sumber, dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa berbagai Upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di MTsN 3 Kab Tangerang,
seperti memberikan teladan, menjadikan pembiasaan, memberikan nasihat dan
motivasi, berperas sebagai administrator, memberikan dorongan, dan menegakan
kedisiplinan. Secara keseluruhan efektif dalam meningkatkan kedisiplinan shalat
berjamaah di kalangan siswa. Pendekatan ini membantu menciptakan lingkungan
yang mendukung praktik ibadah yang konsisten dan meningkatkan akhlak siswa
dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Author
NURCAHYANI, ALVINA
2086208179
UNSPECIFIED
Additional Information: Silakan menghubungi Admin Perpustakaan FAI jika menginginkan full paper.
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI; Kedisiplinan; Shalat Berjamaah.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ADMIN FAI
Date Deposited: 19 Oct 2024 06:27
Last Modified: 19 Oct 2024 06:27
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item
View Item