STRATEGI KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PADA DESA WISATA KERANGGAN DI KOTA TANGERANG SELATAN

DELLA FURI WULAN SARI, Della (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PADA DESA WISATA KERANGGAN DI KOTA TANGERANG SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

[thumbnail of SKRIPSI DELLA FURI WULAN SARI (2070201215)-1-14.pdf] Text
SKRIPSI DELLA FURI WULAN SARI (2070201215)-1-14.pdf

Download (514kB)
[thumbnail of SKRIPSI DELLA FURI WULAN SARI (2070201215)-15-71.pdf] Text
SKRIPSI DELLA FURI WULAN SARI (2070201215)-15-71.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DELLA FURI WULAN SARI (2070201215)-72-100.pdf] Text
SKRIPSI DELLA FURI WULAN SARI (2070201215)-72-100.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul "Strategi Komunikasi Pembangunan Dalam
Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Pada Desa Wisata Kerangan Di Kota Tangerang Selatan" yang disusun oleh Della Furi Wulan Sari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang efektif dalam
pemberdayaan UMKM di Desa Wisata Keranggan, Kota Tangerang Selatan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Wisata Keranggan memiliki potensi besar dalam
pengembangan pariwisata dan pemberdayaan UMKM. Namun, masih ada beberapa kendala yang perlu diatasi, seperti kurangnya promosi dan pelatihan bisnis bagi
UMKM.Strategi komunikasi yang efektif dalam pemberdayaan UMKM meliputi promosi pariwisata, pelatihan bisnis, dan penggunaan budaya lokal sebagai daya tarik bagi wisatawan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan bagi
pemerintah dan pengelola desa wisata untuk meningkatkan pengembangan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.Kesimpulan
penelitian ini adalah bahwa strategi komunikasi yang fokus pada promosi, pelatihan, dan penggunaan budaya lokal dapat meningkatkan pemberdayaan UMKM di Desa Wisata Keranggan. Saran yang diberikan adalah perlunya
dilakukan promosi yang lebih intensif dan pelatihan bisnis yang lebih komprehensif untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam menghadapi persaingan pasar.

Kata Kunci : Strategi komunikasi,Pemberdayaan UMKM,Kesejahteraan Masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
Eko Purwanto, Eko
Nidn0403098202
UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Tanti Kurnia perpusfisip
Date Deposited: 17 Dec 2024 04:04
Last Modified: 17 Dec 2024 04:04
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item
View Item