Kusuma Dewi, Indria (2024) HUBUNGAN PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI KEBON BESAR 2. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
1 Cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (178kB)
2 Lembar Persetujuan Skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (207kB)
3 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (180kB)
4 Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (221kB)
5 ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (244kB)
6 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (191kB)
7 Daftar Isi - Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (242kB)
8 BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (206kB) | Request a copy
9 BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (332kB) | Request a copy
10 BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (910kB) | Request a copy
11 BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (646kB) | Request a copy
12 BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (190kB) | Request a copy
13 DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Penerapan
Kurikulum Merdeka Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS
Kelas IV SD Negeri Kebon Besar 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan menggunakan metode survei digunakan melalui statistik SPSS.
Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Kebon Besar 2 Kota
Tangerang sebanyak 3 kelas yang berjumlah 73 siswa. Sampel pada penelitian ini
yaitu sebanyak 30 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling.
Pada pengambilan data menggunakan angket Penerapan Kurikulum Merdeka
dengan skala likert 4 dan angket Minat Belajar IPAS. Hasil penelitian ini terdapat
hubungan signifikan antara penerapan Kurikulum Merdeka dengan Minat Belajar
IPAS siswa kelas IV SD Negeri Kebon Besar 2 Kota Tangerang, dengan nilai r
hitung atau pearson correlation 0,380 dengan nilai signifikan 0,038. Yang berarti
jika Penerapan Kurikulum Merdeka tinggi maka Minat Belajar Siswa pada Mata
Pelajaran IPAS baik, begitupun sebaliknya. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai
koefisien determinasi yaitu sebesar sebesar 14,4% selebihnya yang 73,07%
dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Thesis advisor Yulyawan Kurniawan, Eka 1458215 UNSPECIFIED Thesis advisor Budiatman, Ino 12064794 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Kurikulum, Merdeka, Minat Belajar, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | puteri permatasari |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 10:55 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 10:55 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/795 |