ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 2 SDN GINTUNG 1

Rahmita Siregar, Epriliani (2024) ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 2 SDN GINTUNG 1. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (117kB)
[thumbnail of Lembar Persetujuan.pdf] Text
Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (173kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (162kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (154kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (139kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (177kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (285kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (235kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (360kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (145kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan upaya mengembangkan potensi yang ada dalam diri untuk
menjadi manusia yang berkualitas, memiliki pengetahuan, moral yang dilandasi
dengan keimanan dan ketakwaan karena pendidikan memiliki peran yang sangat
penting untuk membentuk dasar pengetahuan dan keterampilan siswa. Hal ini
membaca sangatlah penting dalam dunia pendidikan dan harus diperhatikan, karena
membaca menjadi salah satu acuan atau pandai utama dalam menentukan
keberhasilan sebuah kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peran guru dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan
siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru
kelas 2A, kepala sekolah, dan siswa kelas 2A. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini meliputi observasi guru, wawancara (guru, kepala sekolah, dan
siswa), dan dokumentasi sebagai pendukung dalam penelitian peneliti. Triangulasi
dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan sumber. Hasil kesimpulan dalam
penelitian ini bahwa peranan guru meliputi peran guru sebagai pendidik, peran guru
sebagai pembimbing, peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai fasilitator,
dan peran guru sebagai evaluator. Peran guru dalam meningkatkan membaca
permulaan siswa dengan cara memberikan ketekunan yang baik kepada siswa
dengan sungguh-sungguh dalam mengenalkan huruf vocal dan huruf lainnya,
memberikan bimbingan untuk tambahan belajar di luar jam pembelajaran,
memberikan semangat dan penuh perhatian dalam membaca dengan ekspresif
membuat siswa merasa senang, memberikan fasilitas belajar seperti kartu huruf,
dan di setiap akhir pembelajaran guru memberikan evaluasi. Dengan demikian,
guru bukan hanya mentransfer ilmu saja melainkan harus memiliki peran yang
sangat penting dalam proses belajar mengajar agar menciptakan suatu keberhasilan
terutama dalam membaca permulaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
Sumiyani, Sumiyani
819886
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Hasan, Najib
752795
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper
Uncontrolled Keywords: Peranan Guru, Keterampilan Membaca Permulaan, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: puteri permatasari
Date Deposited: 13 Jan 2025 10:40
Last Modified: 13 Jan 2025 10:40
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/812

Actions (login required)

View Item
View Item