Nisa Faradilah, Nisa (2024) PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA KAMPANYE SAMPAH PADA AKUN @PANDAWARAGROUP DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tangerang.
SKRIPSI BAGIAN AWAL - NISA FARADILAH 2070201171.pdf
Download (1MB)
SKRIPSI BAGIAN ISI - NISA FARADILAH 2070201171.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
SKRIPSI BAGIAN AKHIR - NISA FARADILAH 2070201171.pdf
Download (2MB)
Abstract
Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingginya produksi sampah dan terus mengalami peningkatkan yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan sehingga masih
banyak masyarakat yang membuang sampahnya sembarangan. Hal ini akan memberikan dampak yang dapat mengancam lingkungan. Sebagai upaya untuk menanggulangi permasalahan sampah di Indonesia, Pandawara Group melakukan kampanye mengenai sampah dengan menggunakan media sosial TikTok. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui tema-tema pesan yang ada pada akun Pandawara Group dan menganalisa Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Media Kampanye Sampah Pada Akun @pandawaragroup Dalam Meningkatkan Kesadaran
Masyarakat. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis konten kualitatif dengan jenis studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer mencakup observasi online dan data primer
mencakup dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori sosial media manajemen menurut Friedrichsen and Wolfgang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pandawara Group memiliki keberagam pesan yang disampaikan melalaui unggahan konten di TikToknya. Pemanfaatan TikTok yang dilakukan oleh Pandawara melalui analisis empat tahapan sosial media manajemen memberikan dampak positif bagi
audiensnya dengan adanya peningkatan pengetahuan audiens, adanya pemahaman terkait permasalahan sampah sehingga menimbulkan perubahan sikap dengan
mengambil tindakan menjaga kebersihan salah satunya tidak membuang sampah. Hal ini ditunjutkan melalui pengukuran dan umpan balik yang didapatkan.
Kata Kunci: TikTok, Kampanye, Kesadaran Masyarakat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Thesis advisor Mirza Shahreza, Mirza NIDN0429077605 UNSPECIFIED |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Tanti Kurnia perpusfisip |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 04:26 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 04:26 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/899 |