Aliyah, Siti (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BANGUN DATAR BERDASARKAN TEORI VAN HIELE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (70kB)
![[thumbnail of 2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (660kB)
![[thumbnail of 3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (892kB)
![[thumbnail of 4. PERNYATAAN KEASLIAN PENULIS.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN PENULIS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
![[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
5. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11kB)
![[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (105kB)
![[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
7. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (374kB)
![[thumbnail of 8. BAB I.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
8. BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (175kB) | Request a copy
![[thumbnail of 9. BAB II.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
9. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (371kB) | Request a copy
![[thumbnail of 10. BAB III.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
10. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (239kB) | Request a copy
![[thumbnail of 11. BAB IV.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
11. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (446kB) | Request a copy
![[thumbnail of 12. BAB V.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
12. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (98kB) | Request a copy
![[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (194kB)
![[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
14. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan siswa pada level 
visualisasi, analisis, deduksi informal, deduksi, dan rigor dalam menyelesaikan soal 
materi bangun datar berdasarkan teori Van Hiele pada siswa kelas VII SMP Tunas 
Harpan Islami. Jenis dan desain penelitian pada penelitian ini yaitu kualitatif 
deskriptif. Penelitian dilakukan pada 33 siswa dalam kelas VII A di SMP Tunas 
Harapan Islami. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini 
adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, 
penyajian data, dan penarikan simpulan. Keabsahan data dilakukan dengan 
triangulasi teknik, yaitu dengan membandingkan hasil tes, wawancara, dan 
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 33 siswa, 18 siswa berada 
pada level visualisasi, 6 siswa berada pada level analisis, 4 siswa berada pada level 
deduksi informal, 3 siswa berada pada level deduksi, dan 0 siswa berada pada level 
rigor. Terdapat 2 siswa yang tidak mencapai semua level. Jenis kesalahan yang 
dilakukan siswa pada level 1 (visualisasi) siswa melakukan kesalahan konsep. 
Level 2 (analisis) siswa melakukan kesalahan menggunakan data dan kesalahan 
teknis. Level 3 (deduksi informal) yaitu kesalahan interoretasi bahas. Level 4 
(deduksi) yaitu kesalahan teknis. Level rigor tidak terdapat siswa yang mencapai 
pada level tersebut.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | 
|---|---|
| Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Thesis advisor Yenni, Yenni 0414117904 UNSPECIFIED Thesis advisor Raharjo, Sigit 0427088801 UNSPECIFIED | 
| Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper | 
| Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan, Bangun Datar, Teori Van Hiele | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika | 
| Depositing User: | puteri permatasari | 
| Date Deposited: | 24 Jan 2025 08:18 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:04 | 
| URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/924 | 

