SYIFA MUSTIKASARI, AMANDA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH LITERASI MATEMATIKA SISWA SMA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (172kB)
![[thumbnail of 2. Lembar Persetujuan Amanda.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
2. Lembar Persetujuan Amanda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (121kB)
![[thumbnail of 3. Lembar Pengesahan Amanda.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
3. Lembar Pengesahan Amanda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (54kB)
![[thumbnail of 4. lembar pernyataan keaslian tulisan amanda.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
4. lembar pernyataan keaslian tulisan amanda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (154kB)
![[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
5. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (384kB)
![[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
6. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (284kB)
![[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
7. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (420kB)
![[thumbnail of 8. BAB I.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (294kB) | Request a copy
![[thumbnail of 9. BAB II.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
9. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (584kB) | Request a copy
![[thumbnail of 10. BAB III.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
10. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (474kB) | Request a copy
![[thumbnail of 11. BAB IV.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
11. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB) | Request a copy
![[thumbnail of 12. BAB V.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
12. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (486kB) | Request a copy
![[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (291kB)
![[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
14. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah
matematis yang dimiliki siswa berdasarkan tingkat Adversity Quotient (AQ) pada
materi program linear. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 41 siswa kelas XI
MIPA 4 SMAN 27 Kabupaten Tangerang. Adapun teknik sampling yang
digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah tes, angket, dan wawancara. Instrumen yang digunakan terdiri dari soal tes
kemampuan pemecahan masalah matematika, angket Adversity Quotient, dan
pedoman wawancara. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik Miles
dan Huberman yang terdiri dari 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kelompok siswa dengan Adversity Quotient tinggi secara rata-rata memiliki
kemampuan memecahkan masalah literasi matematika pada kategori sangat baik
dalam arti mampu menyelesaikan 4 indikator kemampuan memecahkan masalah,
yang dimana siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, mampu
merumuskan masalah, mampu menerapkan strategi untuk menyelesaikan masalah
dan mampu untuk menjelaskan atau menginterprestasikan hasil penyelesaian
(menarik kesimpulan). AQ sedang dan rendah secara rata-rata memiliki
kemampuan memecahkan masalah literasi hanya mampu mengerjakan 2 indikator
saja yaitu siswa hanya mampu mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui dan
mampu merumuskan masalah saja. Namun pada AQ Rendah masih kurang
lengkap dalam menuliskan model matematikannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Thesis advisor Saleh, Hairul 0412066305 UNSPECIFIED Thesis advisor Nopitasari, Dian 0405118603 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kemampuan Memecahkan Masalah Literasi Matematika, Adversity Quotient, Deskriptif, Program Linear |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | puteri permatasari |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 06:50 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 06:47 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/941 |