PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) MELALUI MEDIA ANAGRAM TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IV SDN KAMAL 05 PAGI

Fitriya, Devi (2024) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) MELALUI MEDIA ANAGRAM TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IV SDN KAMAL 05 PAGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (288kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (423kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (449kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (371kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (324kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (251kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (349kB)
[thumbnail of 8. BAB I.pdf] Text
8. BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. BAB II.pdf] Text
9. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (433kB) | Request a copy
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (505kB) | Request a copy
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (261kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi mayoritas siswa dengan penguasaan kosakata
Bahasa Inggris yang masih rendah. Bahasa Inggris memiliki peranan dalam
kehidupan sehari-hari. Guru harus mampu menumbuhkan motivasi siswa untuk
belajar Bahasa Inggris. Dalam penelitian ini menggunakan model kooperatif tipe
Teams Game Tournament (TGT) melalui media anagram bertujuan untuk
mengetahui pengaruh terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa.
Penelitian ini dilakukan di SDN Kamal 05 Pagi. Populasi penelitian yaitu seluruh
siswa kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi
Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design dan instrumen
yang digunakan berupa soal tes pilihan ganda untuk mengetahui peningkatan
penguasaan kosakata. Dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa kelas IV B sebelum
diberi tindakan adalah 51,32% dan terdapat peningkatan sebesar 28,66% menjadi
79,98% setelah diberikan tindakan begitu juga dengan hasil perhitungan
menggunakan uji hipotesis t-test penelitian ini menunjukkan bahwa pada akhir
pembelajaran (posttest) kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh thitung (2,939)
> ttabel (2,000), dengan taraf signifikansi 0,05, maka Ho ditolak. Dengan demikian,
berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) melalui media anagram
memberikan pengaruh terhadap peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris
pada siswa kelas IV. Penelitian ini diharapkan dapat memperluas pengetahuan
tentang model pembelajaran berbasis permainan dengan media anagram serta
menjadi referensi bagi penelitian lanjutan dalam pengembangan dan peningkatan
penguasaan kosakata Bahasa Inggris melalui penerapan model Teams Game
Tournament (TGT)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
Imaniah, Ikhfi
0428078701
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Muttaqien, Nurul
0421018704
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper
Uncontrolled Keywords: Model TGT, Media Anagram, Penguasaan Kosakata
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: puteri permatasari
Date Deposited: 24 Apr 2025 10:59
Last Modified: 24 Apr 2025 10:59
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1118

Actions (login required)

View Item
View Item