Fitriya, Devi (2024) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) MELALUI MEDIA ANAGRAM TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IV SDN KAMAL 05 PAGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (288kB)
![[thumbnail of 2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (423kB)
![[thumbnail of 3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (449kB)
![[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (371kB)
![[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
5. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (324kB)
![[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (251kB)
![[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
7. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (349kB)
![[thumbnail of 8. BAB I.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
8. BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (274kB) | Request a copy
![[thumbnail of 9. BAB II.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
9. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (433kB) | Request a copy
![[thumbnail of 10. BAB III.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
10. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (446kB) | Request a copy
![[thumbnail of 11. BAB IV.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
11. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (505kB) | Request a copy
![[thumbnail of 12. BAB V.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
12. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (252kB) | Request a copy
![[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (261kB)
![[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
14. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi mayoritas siswa dengan penguasaan kosakata 
Bahasa Inggris yang masih rendah. Bahasa Inggris memiliki peranan dalam 
kehidupan sehari-hari. Guru harus mampu menumbuhkan motivasi siswa untuk 
belajar Bahasa Inggris. Dalam penelitian ini menggunakan model kooperatif tipe 
Teams Game Tournament (TGT) melalui media anagram bertujuan untuk 
mengetahui pengaruh terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa. 
Penelitian ini dilakukan di SDN Kamal 05 Pagi. Populasi penelitian yaitu seluruh 
siswa kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi 
Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design dan instrumen 
yang digunakan berupa soal tes pilihan ganda untuk mengetahui peningkatan 
penguasaan kosakata. Dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa kelas IV B sebelum 
diberi tindakan adalah 51,32% dan terdapat peningkatan sebesar 28,66% menjadi 
79,98% setelah diberikan tindakan begitu juga dengan hasil perhitungan 
menggunakan uji hipotesis t-test penelitian ini menunjukkan bahwa pada akhir 
pembelajaran (posttest) kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh thitung (2,939)
> ttabel (2,000), dengan taraf signifikansi 0,05, maka Ho ditolak. Dengan demikian, 
berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model 
kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) melalui media anagram 
memberikan pengaruh terhadap peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris 
pada siswa kelas IV. Penelitian ini diharapkan dapat memperluas pengetahuan 
tentang model pembelajaran berbasis permainan dengan media anagram serta 
menjadi referensi bagi penelitian lanjutan dalam pengembangan dan peningkatan 
penguasaan kosakata Bahasa Inggris melalui penerapan model Teams Game 
Tournament (TGT)
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | 
|---|---|
| Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Thesis advisor Imaniah, Ikhfi 0428078701 UNSPECIFIED Thesis advisor Muttaqien, Nurul 0421018704 UNSPECIFIED | 
| Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper | 
| Uncontrolled Keywords: | Model TGT, Media Anagram, Penguasaan Kosakata | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PE English | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD | 
| Depositing User: | puteri permatasari | 
| Date Deposited: | 24 Apr 2025 10:59 | 
| Last Modified: | 24 Apr 2025 10:59 | 
| URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1118 | 

