Ayudhiya, Nisa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IV SD NEGERI SUKAHARJA 1 KABUPATEN TANGERANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (181kB)
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (536kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (448kB)
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (583kB)
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (286kB)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (182kB)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (163kB)
BAB 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (301kB) | Request a copy
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (441kB) | Request a copy
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (860kB) | Request a copy
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (167kB) | Request a copy
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (167kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (401kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan keterampilan
menulis cerpen antara siswa yang diberi model pembelajaran picture and picture
dengan siswa yang diberi model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV
SDN Sukaharja 1 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian quasi experiment dengan desain non equivalent control group design.
Subjek populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Sukaharja 1
Kabupaten Tangerang, dengan mengambil sampel dua kelas sebanyak 54 siswa
yaitu kelas IV A berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang
berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan instrumen soal tes keterampilan menulis cerpen, observasi,
wawancara dan dokumentasi. Untuk pengujian hipotesis pretest dalam penelitian
ini menggunakan uji t, dai hasil uji t diperoleh thitung = 1,8658 dan ttabel = 2,0066 ,
maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan untuk pengujian hipotesis posttest dari
hasil uji t diperoleh thitung = 11,3936 dan ttabel = 2,0066 , maka dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran picture and picture berpengaruh terhadap keterampilan
menulis cerpen siswa kelas IV SDN Sukaharja 1 Kabupaten Tangerang
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Thesis advisor Magdalena, Ina 8966060022 UNSPECIFIED Thesis advisor Huliatunisa, Yayah 0412017612 UNSPECIFIED |
| Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan jika menginginkan full paper |
| Uncontrolled Keywords: | Picture and Picture, Menulis Cerpen |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
| Depositing User: | puteri permatasari |
| Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:41 |
| Last Modified: | 28 Apr 2025 08:41 |
| URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1122 |

