HUDHA, LUQMAN MIFTA (2015) METODE PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSEFEKTIF HADITS SHAHIH BUKHARI (Didalam Kitab shahih Bukhari pada bab al-Adab). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tangerang.
COVER_LUQMAN MIFTA HUDHA.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (157kB)
LEMBAR PENGESAHAN_LUQMAN MIFTA HUDHA.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (142kB)
ABSTRAK_LUQMAN MIFTA HUDHA.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (19kB)
BAB I_LUQMAN MIFTA HUDHA.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (29kB) | Request a copy
BAB II_LUQMAN MIFTA HUDHA.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (71kB) | Request a copy
BAB III_LUQMAN MIFTA HUDHA.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (27kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_LUQMAN MIFTA HUDHA.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (143kB)
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh keadaan masyarakat Indonesia saat ini. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju, ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas semakin menjadi tuntutan. Untuk menyediakannya diperlukan upaya kongkrit dalam dunia pendidikan. Upaya tersebut di antaranya dengan menyelenggarakan pendidikan anak. Bahkan pendidikan anak hendaknya telah dilakukan sejak usia dini. Pendidikan anak sejak usia dini dimaksudkan untuk mengoptimalkan kecerdasan intelektual yang telah dimiliki oleh setiap anak semenjak dini. Hal ini perlu dilaksanakan, oleh karena pendidikan berperan sebagai sarana pemberdayaan individu dan masyarakat guna menghadapi tantangan masa depannya.
Berpijak dari latar belakang tersebut, maka penulis tertarik untuk mengankat masalah tersebut sebagai bahan penelitian. Tujuannya untuk mengetahui tata cara mendidik yg sesuai dengan tuntunan yang diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah selain library research, di mana obyek yang akan dianalisis berupa hadits-hadits Rasulullah SAW. Yang mengisyaratkan pendidikan anak, yaitu berusaha memberikan interpretasi terhadap suatu gejala, sehingga makna yang tadinya tersembunyi menjadi dapat dipahami, memberikan makna atas fakta-fakta tekstual dari sumber suci (dalam kaitan ini matan/teks hadis) sedemikian rupa, sehingga yang diperlihatkan bukan hanya makna lahir, tetapi lebih dari itu makna batin yang dikandung dalam matan hadis.
Hakekat pendidikan anak menurut perspektif hadits Nabi SAW. merupakan kewajiban yang dibebankan oleh Allah SWT. kepada manusia sebagai orang tua. Kewajiban ini memberikan konsekwensi bagi orang tua untuk melakukan fungsi pembinaan terhadap anak-anaknya agar mereka menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur dan berupaya memelihara dari terjerumus ke dalam kesia-siaan, sekaliguas mengantarkan mereka menjadi manusia yang paripurna (insan kamil). Oleh karena itu, untuk keperluan pendidikan anak diperlukan metode yang bijaksana dan proporsional agar proses pendidikan mencapai keberhasilan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Author HUDHA, LUQMAN MIFTA 11129211026 UNSPECIFIED Thesis advisor H. Syamsuri, Lc.,MA, . 1.005.708 UNSPECIFIED Thesis advisor Asrori Mukhtarom, SH.,MA, . 905.640 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silakan menghubungi Admin Perpustakaan FAI untuk mendapatkan full paper. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ADMIN FAI |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 05:27 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 05:35 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/457 |