PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT – BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTs AL-HIDAYAH KOTA TANGERANG

LESTARI, DWI PUTRI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT – BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTs AL-HIDAYAH KOTA TANGERANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.

[thumbnail of COVER_DWI PUTRI LESTARI.docx] Text
COVER_DWI PUTRI LESTARI.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (456kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_DWI PUTRI LESTARI.docx] Text
LEMBAR PENGESAHAN_DWI PUTRI LESTARI.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (321kB)
[thumbnail of ABSTRAK DWI PUTRI LESTARI.docx] Text
ABSTRAK DWI PUTRI LESTARI.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (153kB)
[thumbnail of BAB_DWI PUTRI LESTARI.docx] Text
BAB_DWI PUTRI LESTARI.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (315kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_DWI PUTRI LESTARI.docx] Text
DAFTAR PUSTAKA_DWI PUTRI LESTARI.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (157kB)

Abstract

Kegiatan belajar mengajar di sekolah merupakan kegiatan yang sengaja direncanakan. Perencanaan yang baik mendukung keberhasilan pengajaran yang pada akhirnya meningkatkan mutu pengajaran. Seperti yang diamati selama ini, keberhasilan dalam dunia pendidikan belum maksimal. Guru merupakan faktor kunci dalam mengelola proses pembelajaran, sehingga keterampilan yang dimiliki oleh guru sangat penting untuk menentukan keberhasilan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan. Model pembelajaran merupakan pedoman bagi setiap pengajar, sehingga penting menentukan model pembelajaran untuk mencapai tujuan yang akan dicapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sehingga diharapkan dapat tercapainya keberhasilan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan jenis model Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Actions Research) yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang ada dikelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 29 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan.sedangkan teknik penelitiannya adalah penyebaran angket, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Arab dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di kelas VIII A MTs Al-Hidayah kota Tangerang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini berdasarkan data pengamatan dari semua indikator yang telah ditentukan mendapatkan hasil pada siklus I yaitu 71% dan meningkat pada siklus II menjadi 84%,. Peningkatan keaktifan siswa pada siklus I ke sikIus II sebesar 13%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Author
LESTARI, DWI PUTRI
1988204029
UNSPECIFIED
Additional Information: Silakan menghubungi Admin Perpustakaan FAI jika menginginkan full paper.
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning; Minat Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ADMIN FAI
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:25
Last Modified: 16 Oct 2024 03:19
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/458

Actions (login required)

View Item
View Item