Septiliana, Citra (2024) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN TANGERANG 2 KOTA TANGERANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
COVER-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (113kB)
Persetujuan Citra.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (233kB)
Lembar Pengesahan Citra.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (264kB)
Pernyataan keaslian Citra.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (272kB)
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (91kB)
DAFTAR ISI CITRA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (373kB)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (191kB)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (113kB) | Request a copy
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (339kB) | Request a copy
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (447kB) | Request a copy
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (502kB) | Request a copy
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (110kB) | Request a copy
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (170kB)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir
kritis dengan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei yang digunakan
melalui statistik SPSS. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN
Tangerang 2 Kota Tangerang dengan populasi sebanyak 58 siswa dan sampel
sebanyak 48 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random
Sampling. Instrumen penelitian yang dilakukan adalah angket dan tes soal berupa
essay. Instrumen pengambilan data untuk kemampuan berpikir kritis (variabel X)
menggunakan angket Skala Likert dengan pilihan jawaban 1-5 dan pemahaman
konsep matematika (variabel Y) menggunakan essay. Hasil penelitian ini terdapat
hubungan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan pemahaman konsep
matematika siswa kelas IV SDN Tangerang 2 Kota Tangerang, dengan nilai rhitung
atau pearson correlation 0,585 dengan nilai signifikan 0,001. Yang berarti jika
kemampuan berpikir kritis siswa tinggi maka pemahaman konsep matematika siswa
akan semakin baik, begitupun sebaliknya. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai
koefisien determinasi yaitu sebesar 34,2% dan sisanya sebesar 65,8% dipengaruhi
oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Thesis advisor Zamroni, Moh 1211171 UNSPECIFIED Thesis advisor Partiasurya Azhar, Arry 1146141 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | puteri permatasari |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 08:06 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 08:06 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/746 |