PENGARUH MEDIA YOUTUBE AKUN LISTA TSURAYYA TERHADAP HASIL KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP ADITYA KARYA KABUPATEN TANGERANG

Ayu Ahlaida, Fepie (2024) PENGARUH MEDIA YOUTUBE AKUN LISTA TSURAYYA TERHADAP HASIL KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP ADITYA KARYA KABUPATEN TANGERANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (73kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (95kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR KEASLIAN TULISAN.pdf] Text
4. LEMBAR KEASLIAN TULISAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (111kB)
[thumbnail of 5. ABSTAK.pdf] Text
5. ABSTAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (147kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (266kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI..pdf] Text
7. DAFTAR ISI..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (202kB)
[thumbnail of 8. BAB I.pdf] Text
8. BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. BAB II.pdf] Text
9. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (874kB) | Request a copy
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (749kB) | Request a copy
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (934kB) | Request a copy
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (380kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN..pdf] Text
14. LAMPIRAN..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar keterampilan menulis teks
prosedur dengan menerapkan media pembelajaran video YouTube dari akun Lista
Tsurayya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif quasi eksperimen yaitu jenis
Nonequivalent Pre-test Post-test Control Group Design penelitian ini menggunakan
teknik sampling Non Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Populasi
dalam penelitian ini adalah 57 siswa kelas VII SMP Aditya Karya. Kelas VII A berjumlah
27 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII B berjumlah 30 siswa sebagai kelas
eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test yang sudah
divalidasi dan wawancara sebagai tahap observasi sebelum penelitian. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent
samples test. Hasil penelitiam menunjukkan nilai rata-rata pre-test kelas VII A sebesar
46,30 sedangkan kelas VII B sebesar 47,50 dengan hasil uji t independent samples test
pre-test kelas kontrol dan kelas eksperimen Sig. 0,675 > 0,05. Artinya tidak terdapat
pengaruh yang signifikan terhadap hasil nilai awal (pre-test) keterampilan menulis teks
prosedur antara kelas kontrol dan kelas ekperimen dan nilai rata-rata post-test kelas VII A
sebesar 57,96 sedangkan kelas VII B sebesar 77,83 dengan hasil uji t independent
samples test hasil post-test kelas kontrol dan kelas ekperimen Sig. 0,000 < 0,05. Artinya
terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil nilai akhir (post-test) keterampilan
menulis teks prosedur antara kelas yang diberikan perlakuan berupa media video
YouTube akun Lista Tsurayya dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan berupa media
video YouTube akun Lista Tsurayya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
Anisa Purawinangun, ira
1211175
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Yenni, Yenni
1037271
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, media YouTube, teks proseduKeterampilan menulis, media YouTube, teks prosedur
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: puteri permatasari
Date Deposited: 16 Jan 2025 10:32
Last Modified: 16 Jan 2025 10:32
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item
View Item