ANALISIS PESAN POLITIK PADA AKUN @aniesbubble DALAM PEMILIHAN PRESIDEN INDONESIA 2024

Siti Zahrotul Humaeroh Aeniyah, Siti (2024) ANALISIS PESAN POLITIK PADA AKUN @aniesbubble DALAM PEMILIHAN PRESIDEN INDONESIA 2024. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

[thumbnail of BAGIAN AWAL SKRIPSI SITI ZAHROTUL HA.pdf] Text
BAGIAN AWAL SKRIPSI SITI ZAHROTUL HA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAGIAN ISI SKRIPSI SITI ZAHROTUL HA.pdf] Text
BAGIAN ISI SKRIPSI SITI ZAHROTUL HA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAGIAN AKHIR SKRIPSI SITI ZAHROTUL HA.pdf] Text
BAGIAN AKHIR SKRIPSI SITI ZAHROTUL HA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Analisis Pesan Politik Pada Akun X @aniesbubble Dalam Pemilihan Presiden Indonesia 2024". Pemilihan presiden Indonesia 2024 menjadi hal yang ramai diperbincangkan oleh masyarakat terutama di media
sosial, dukungan masyarakat masyarakat terhadap para kandidat calon presiden begitu beragam salah satunya dukungan yang diberikan oleh akun media sosial X
@aniesbubble yang memberikan dukungan dengan menggunakan budaya dan gaya bahasa Korea yang menarik perhatian generasi muda Indonesia terutama
komunitas penggemar korea di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pesan poitik yang disampaikan oleh akun X @aniesubble selama pemilihan presiden Indonesia 2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi pada akun X @aniesbubble dan ditambah dengan wawancara ahli. Data dianalisis melalui tahap reduksi data atau pemilahan data,
kemudia data disajikan atau ditampilkan, dan akhirnya di simpulkan sesuai permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan politik pada akun X @aniesbubble dalam pemilihan presiden Indonesia 2024 terdiri dari tiga
jenis pesan yaitu Retorika politik, Iklan politik dan Propaganda, dan proses identifikasi data dan analisis pesan politik pada setiap postingan, dapat dikatakan
bahwa jenis Iklan politik lebih banyak digunakan oleh aniesbubble sebagai strategi dalam kampanye politik untuk menjangkau masyarakat luas dengan cara
yang efektif dan mudah dilihat oleh masyarakat, dalam memberikan dukungan dan piihan kepada Anies Baswedan pada pemilihan presiden Indonesia 2024.

Kata kunci: Politik, Pemilihan Presiden, Pesan Politik, Twitter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
Korry El-Yana, Korry
NIDN412118701
UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Tanti Kurnia perpusfisip
Date Deposited: 21 Jan 2025 04:53
Last Modified: 21 Jan 2025 04:53
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item
View Item