PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI YOUTUBE STUDYCLE KIDS TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PAKUHAJI

Paujiah, Nupus (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI YOUTUBE STUDYCLE KIDS TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PAKUHAJI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (249kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (236kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (269kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (237kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (235kB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf] Text
6. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (228kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (237kB)
[thumbnail of 8. BAB I.pdf] Text
8. BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. BAB II.pdf] Text
9. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (473kB) | Request a copy
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (651kB) | Request a copy
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (233kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media aplikasi
YouTube Studycle Kids terhadap keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini
dilakukan di SMP Negeri 1 Pakuhaji Kabupaten Tangerang, pada siswa kelas VII
semester II tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan adalah quasi
eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, dengan
jumlah sampel sebanyak 39 siswa di kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi
YouTube Studycle Kids dan 42 siswa di kelas kontrol yang menggunakan metode
pembelajaran konvensional. Hasil posttest menunjukkan bahwa rata-rata
keterampilan berbicara siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan
siswa di kelas kontrol. Rata-rata nilai pretest yang diperoleh kelas eksperimen
adalah 61,69, sementara kelas kontrol memperoleh rata-rata 45,46. Setelah
intervensi, rata-rata nilai posttest kelas eksperimen meningkat menjadi 83,62,
sedangkan kelas kontrol yaitu 49,82. Peningkatan keterampilan berbicara di kelas
eksperimen berdasarkan nilai pretest dan posttest adalah sebesar 21,93%,
sedangkan di kelas kontrol hanya sebesar 4,36%. Uji hipotesis menggunakan paired
sample t-test menunjukkan nilai probabilitas (signifikansi) sebesar 0,001 karena
nilai signifikansi ini lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak. Hal ini membuktikan
bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan aplikasi YouTube Studycle
Kids terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pakuhaji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
Anisa Purawinangun, ira
1211175
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Ibrahim, Soleh
1211173
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper
Uncontrolled Keywords: Media Youtube Studycle Kids, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: puteri permatasari
Date Deposited: 21 Jan 2025 09:55
Last Modified: 21 Jan 2025 09:55
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/906

Actions (login required)

View Item
View Item