HUBUNGAN SELF DISCLOSURE TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN PERILAKU PENGIKUT GEN Z SEBAGAI VARIABEL MODERASI (PADA AKUN @GIBRAN_RAKABUMING)

Syahdina Syarafana, Dina (2024) HUBUNGAN SELF DISCLOSURE TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN PERILAKU PENGIKUT GEN Z SEBAGAI VARIABEL MODERASI (PADA AKUN @GIBRAN_RAKABUMING). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

[thumbnail of Bagian Awal.pdf] Text
Bagian Awal.pdf

Download (696kB)
[thumbnail of Bagian Isi (Bab 1 -5).pdf] Text
Bagian Isi (Bab 1 -5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bagian Akhir.pdf] Text
Bagian Akhir.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada kesaharian kehidupan, pengungkapan diri sendiri atau self-disclosure tak terjadi hanya terjadi pada komunikasi dan hubungan manusia-ke-manusia secara eksklusif, namun akan terjadi melalui media termediasi, yaitu melalui media
sosial. Adanya media sosial, termasuk Instagram, membuatnya menjadi tempat yang bebas untuk semua orang. Semua orang bebas mengupload foto dan video,
termasuk politikus yang menunjukkan pengungkapan diri mereka kepada penggunanya. Mereka dapat menceritakan apa pun di Instagram mulai dari pertemuan langsung hingga presentasi diri palsu atau kisah yang sangat berbeda
dari kehidupan sehari-hari. Generasi Z dilahirkan pada saat teknologi berkembang dengan cepat, jadi mereka lebih inklusif dan bersemangat untuk terlibat dalam
berbagai komunitas dengan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan keuntungan yang mereka inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara self-disclosure dan komunikasi interpersonal pada media sosial Instagram dengan perilaku
pengikut Gen Z, khususnya pada akun @Gibran_Rakabuming. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan SPSS v26.0 melakukan pendekatan moderasi, di mana variabel moderasi merupakan perilaku pengikut Gen
Z. Variabel independen dalam penelitian ini adalah self-disclosure, sedangkan variabel dependen adalah komunikasi interpersonal. Penelitian ini menemukan bahwa self-disclosure memiliki pengaruh signifikan terhadap komunikasi interpersonal. Indikator self-disclosure meliputi
amount, valence, accuracy, intention, dan intimate, yang semuanya memiliki hubungan dengan indikator komunikasi interpersonal seperti trust, supportive attitude, dan openness. Selain itu, perilaku Gen Z sebagai variabel moderasi
memperkuat hubungan antara self-disclosure dan komunikasi interpersonal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram @Gibran_Rakabuming yang memiliki self-disclosure dan komunikasi interpersonal yang baik dapat memberikan pengaruh positif terhadap perilaku vvi
pengikut Gen Z. Self-disclosure di media sosial dapat meningkatkan komunikasi, kepercayaan diri, dan memperluas hubungan sosial.

Kata Kunci: Self-Disclosure, Komunikasi Interpersonal, Perilaku Gen Z, Instagram, @Gibran_Rakabuming

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
Abdul Basit, Basit
NIDN0401128101
UNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Tanti Kurnia perpusfisip
Date Deposited: 03 Feb 2025 04:00
Last Modified: 03 Feb 2025 04:00
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/929

Actions (login required)

View Item
View Item