PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA

Dewi, Nur Auliya (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.

[thumbnail of COVER SKRIPSI.pdf] Text
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (247kB)
[thumbnail of LEMBAR PERSETUJUAN SIDANG SKRIPSI.pdf] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SIDANG SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (242kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (356kB)
[thumbnail of pernyataan keaslian tulisan.pdf] Text
pernyataan keaslian tulisan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (255kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (419kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (206kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (501kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (460kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (620kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (143kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan serta peningkatan kemampuan literasi matematis siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs
Al-Kamil yang berjumlah 95 siswa, dengan mengambil sampel sebanyak dua kelas sebanyak 30 siswa, yaitu kelas VII B sebanyak 12 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebanyak 18 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen soal tes kemampuan literasi matematis yang berbentuk essay dan sebanyak 6 soal yang valid dan reliabel. Untuk pengujian
hipotesis pretest dalam penelitian ini menggunakan uji t, dari hasil uji t didapat Sig. (2-tailed) sebesar 0,632>0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan kemampuan awal tes literasi matematis siswa. Untuk pengujian hipotesis posttest dari hasil uji t didapat Sig. (2-tailed) sebesar 0,012<0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai posttets kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Pengujian hipotesis yang kedua yaitu menggunakan uji N-Gain untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis siswa antara kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Hasil dari uji N-Gain kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) adalah sebesar 69% yang
termasuk dalam kategori cukup efektif. Sedangkan untuk rata-rata nilai N-Gain kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yaitu sebesar 51% yang termasuk dalam kategori kurang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
Raharjo, Sigit
0427088801
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Sukmawati, Rika
0411117503
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper
Uncontrolled Keywords: Think Pair Square (TPSq), Kemampuan Literasi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: puteri permatasari
Date Deposited: 05 Feb 2025 07:01
Last Modified: 06 Feb 2025 06:58
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/944

Actions (login required)

View Item
View Item