Dewi, Nur Auliya (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
![[thumbnail of COVER SKRIPSI.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (247kB)
![[thumbnail of LEMBAR PERSETUJUAN SIDANG SKRIPSI.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PERSETUJUAN SIDANG SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (242kB)
![[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (356kB)
![[thumbnail of pernyataan keaslian tulisan.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
pernyataan keaslian tulisan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (255kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (419kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (206kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (501kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (460kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB II.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (620kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB III.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (315kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB V.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (143kB) | Request a copy
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (199kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan serta peningkatan kemampuan literasi matematis siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs
Al-Kamil yang berjumlah 95 siswa, dengan mengambil sampel sebanyak dua kelas sebanyak 30 siswa, yaitu kelas VII B sebanyak 12 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebanyak 18 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen soal tes kemampuan literasi matematis yang berbentuk essay dan sebanyak 6 soal yang valid dan reliabel. Untuk pengujian
hipotesis pretest dalam penelitian ini menggunakan uji t, dari hasil uji t didapat Sig. (2-tailed) sebesar 0,632>0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan kemampuan awal tes literasi matematis siswa. Untuk pengujian hipotesis posttest dari hasil uji t didapat Sig. (2-tailed) sebesar 0,012<0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai posttets kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Pengujian hipotesis yang kedua yaitu menggunakan uji N-Gain untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis siswa antara kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Hasil dari uji N-Gain kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) adalah sebesar 69% yang
termasuk dalam kategori cukup efektif. Sedangkan untuk rata-rata nilai N-Gain kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yaitu sebesar 51% yang termasuk dalam kategori kurang efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Thesis advisor Raharjo, Sigit 0427088801 UNSPECIFIED Thesis advisor Sukmawati, Rika 0411117503 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Square (TPSq), Kemampuan Literasi Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | puteri permatasari |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 07:01 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 06:58 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/944 |