PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Alifah Khairunnisa, Nabilla (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (186kB)
[thumbnail of 2. Lembar Persetujuan.pdf] Text
2. Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (201kB)
[thumbnail of 3. Lembar Persetujuan.pdf] Text
3. Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (268kB)
[thumbnail of 4. Lembar Keaslian Tulisan.pdf] Text
4. Lembar Keaslian Tulisan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (250kB)
[thumbnail of 5. Abstrak.pdf] Text
5. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (142kB)
[thumbnail of 6. Kata Pengantar.pdf] Text
6. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (144kB)
[thumbnail of 7. Daftar Isi.pdf] Text
7. Daftar Isi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (132kB)
[thumbnail of 8. Bab 1.pdf] Text
8. Bab 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. Bab 2.pdf] Text
9. Bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of 10. Bab 3.pdf] Text
10. Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of 11. Bab 4.pdf] Text
11. Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (289kB) | Request a copy
[thumbnail of 12. Bab 5.pdf] Text
12. Bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (139kB) | Request a copy
[thumbnail of 13. Daftar Pustaka.pdf] Text
13. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (188kB)
[thumbnail of 14. Lampiran.pdf] Text
14. Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis
siswa yang menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting dengan siswa
yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Non�Equivalent Control Group Design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah
kelas VII SMP Negeri 2 Sukamulya yang berjumlah 199 siswa. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling
dengan mengambil sampel dua kelas sebanyak 80 siswa yaitu kelas VII A yang
berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelasVII B sebanyak 40 siswa
sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen soal tes
kemampuan berpikir kritis siswa berbentuk essay yang terdiri dari 5 soal yang
sudah di uji validasi dan reliabilitas. Hasil hipotesis yang diujikan dengan uji
independent t-test sample menggunakan SPSS versi 22 dengan taraf signifikan
0,05 diperoleh harga t pada Equal Variance Assumed = 2,029 dengan nilai sig. (2-
tailed) 0,046 < 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran
Probing-Prompting dengan model pembelajaran Konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
Sukmawati, Rika
041117503
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Raditya, Aji
0402128604
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper
Uncontrolled Keywords: Probing-Prompting, Kemampuan berpikir kritis, Model pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: puteri permatasari
Date Deposited: 05 Feb 2025 08:47
Last Modified: 06 Feb 2025 06:55
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/949

Actions (login required)

View Item
View Item