Pengaruh metode pembelajaran bermain peran terhadap keterampilan berbicara siswa kelas 3 SDN Karet II Kabupaten Tangerang

Nurhayati Saputri, Astika (2024) Pengaruh metode pembelajaran bermain peran terhadap keterampilan berbicara siswa kelas 3 SDN Karet II Kabupaten Tangerang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.

[thumbnail of ‘Skripsi_Astika N Terbaru ok - LEMBAR PE.pdf] Text
‘Skripsi_Astika N Terbaru ok - LEMBAR PE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (266kB)
[thumbnail of ‘Skripsi_Astika N Terbaru ok - LEMBAR PE-1.pdf] Text
‘Skripsi_Astika N Terbaru ok - LEMBAR PE-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (344kB)
[thumbnail of ‘Skripsi_Astika N Terbaru ok - PERNYATAA.pdf] Text
‘Skripsi_Astika N Terbaru ok - PERNYATAA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (407kB)
[thumbnail of Skripsi_Astika N Terbaru ok - ABSTRAK.pdf] Text
Skripsi_Astika N Terbaru ok - ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (24kB)
[thumbnail of Skripsi_Astika N Terbaru ok - BAB I.pdf] Text
Skripsi_Astika N Terbaru ok - BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (32kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi_Astika N Terbaru ok - BAB II.pdf] Text
Skripsi_Astika N Terbaru ok - BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi_Astika N Terbaru ok - BAB III.pdf] Text
Skripsi_Astika N Terbaru ok - BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi_Astika N Terbaru ok - BAB IV.pdf] Text
Skripsi_Astika N Terbaru ok - BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (246kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi_Astika N Terbaru ok - BAB V.pdf] Text
Skripsi_Astika N Terbaru ok - BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi_Astika N Terbaru ok - DAFTAR ISI.pdf] Text
Skripsi_Astika N Terbaru ok - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (33kB)
[thumbnail of Skripsi_Astika N Terbaru ok - DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
Skripsi_Astika N Terbaru ok - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (31kB)
[thumbnail of Skripsi_Astika N Terbaru ok - KATA PENGANTAR.pdf] Text
Skripsi_Astika N Terbaru ok - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (30kB)
[thumbnail of Skripsi_Astika N Terbaru ok - LAMPIRAN.pdf] Text
Skripsi_Astika N Terbaru ok - LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

ASTIKA NURHAYATI SAPUTRI NIM 2086206060 “Pengaruh Metode
Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 3
SDN Karet II Kabupaten Tangerang”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah
Tangerang 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode
bermain peran terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SD. Latar belakang
penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa yang ditandai dengan
kurangnya keberanian siswa dalam mengungkapkan ide dan pendapat mereka di
depan kelas. Salah satu metode yang diyakini dapat meningkatkan keterampilan
berbicara adalah metode bermain peran. Penelitian ini menggunakan desain
penelitian kuasi eksperimen dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD di SDN Karet II Kabupaten
Tangerang. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes keterampilan
berbicara dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan
teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat peningkatan signifikan pada keterampilan berbicara siswa setelah
penerapan metode bermain peran. Siswa yang belajar dengan metode bermain peran
memiliki kemampuan berbicara yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang
belajar dengan metode konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata tes
keterampilan berbicara yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen dibandingkan
dengan kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode
bermain peran efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III
SD. Diharapkan guru dapat mempertimbangkan penggunaan metode ini dalam
proses pembelajaran untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan
berbicara mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
Patriasurya Azhar, Arry
0425028003
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Nuraeni, Yeni
0424077308
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai dengan jurusan jika menginginkan full paper
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Bermain Peran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: puteri permatasari
Date Deposited: 24 Apr 2025 09:51
Last Modified: 24 Apr 2025 09:51
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1111

Actions (login required)

View Item
View Item