ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SDN PAKUJAYA 02 KOTA TANGERANG SELATAN

Wulan Septiara, Sabgi (2024) ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SDN PAKUJAYA 02 KOTA TANGERANG SELATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of persetujuan.pdf] Text
persetujuan.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN (5).pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN (5).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (437kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of kata pengantar.pdf] Text
kata pengantar.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar pernyataan keaslian.pdf] Text
Lembar pernyataan keaslian.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (465kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penghambat membaca
permulaan siswa kelas I SDN Pakujaya 02 Kota Tangerang Selatan. Dari 30 siswa,
5 siswa belum lancar membaca karena kurangnya persiapan prasekolah, postur
tubuh yang tidak ideal, dan jarak mata yang tidak sesuai saat membaca. Kesulitan
menghafal dan membedakan huruf serta pengenalan bunyi dasar yang kurang
efektif juga mempengaruhi kemampuan literasi siswa. Penelitian ini Menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan subjek 5 siswa pada kelas I, Guru kelas I, dan
orang tua siswa kelas I. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
observasi, wawancara guru, siswa, orang tua kelas I, dan dokumentasi. Analisis data
yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat empat indikator utama yang menjadi
faktor penghambat dalam membaca permulaan pada siswa kelas I, yaitu: faktor
fisiologis yang berkaitan dengan kondisi fisik siswa, faktor intelektual yang
melibatkan kemampuan kognitif, faktor lingkungan yang mencakup situasi dan
kondisi di sekitar siswa, serta faktor psikologis yang berhubungan dengan kondisi
emosional dan mental siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
Magdalena, Ina
8966060022
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Rosnaningsih, Asih
0425098702
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper
Uncontrolled Keywords: Faktor Penghambat, Membaca Permulaan, Sekolah DasaR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: puteri permatasari
Date Deposited: 02 May 2025 10:00
Last Modified: 02 May 2025 10:00
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/1123

Actions (login required)

View Item
View Item