Apriliyani, Dewi (2024) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS III DI SDN SARAKAN III. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
1 COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (242kB)
2 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (160kB)
3 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (204kB)
4 KEASLIAN TULISAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (190kB)
5 ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (236kB)
6 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (196kB)
7 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (294kB)
8 BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (266kB) | Request a copy
9 BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (350kB) | Request a copy
10 BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (307kB) | Request a copy
11 BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (388kB) | Request a copy
12 BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (186kB) | Request a copy
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (186kB)
14 LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Secara umum, anak-anak sangat senang menggunakan perangkat gadget dalam
aktivitas sehari-hari, sehingga beberapa anak cenderung merasa asyik menikmati
sajian game atau media sosial dari gadget yang dimiliki dibandingkan bermain
dengan teman sebayanya di lingkungan rumah. Jika perilaku anak dalam
menggunakan gadget dibiarkan terlalu lama, maka akan terbentuk sikap sosial baru
pada anak tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,
dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang
digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
dari penelitian bahwa siswa yang sering menggunakan gadget cenderung
mengalami penurunan kemampuan berinteraksi secara langsung, dapat
menghambat keterampilan sosial seperti rasa empati, kerja sama, dan penyelesaian
konflik. Siswa menjadi jarang berinteraksi dengan orang tua dan temannya, lebih
suka menyendiri, malas beraktivitas termasuk mengikuti kegiatan di sekolah.
Penggunaan gadget juga dapat mempengaruhi tutur kata berbahasa dalam
berinteraksi sosial, seperti menggunakan bahasa yang kurang baik. Sehingga hal ini
membuat rendahnya kemampuan interaksi sosial yang dimiliki pada siswa SD.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Thesis advisor Patriasurya Azhar, Arry 1146141 UNSPECIFIED Thesis advisor Perdiansyah, Ferry UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | interaksi sosial; kecanduan; kualitatif; keterampilan sosial; penggunaan gadget |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | puteri permatasari |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 10:31 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 10:31 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/755 |