PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 3 DI SDS TUNAS HARAPAN KABUPATEN TANGERANG

Dewila Morningrum, Roro (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 3 DI SDS TUNAS HARAPAN KABUPATEN TANGERANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.

[thumbnail of Cover Roro Dewila Morningrum.pdf] Text
Cover Roro Dewila Morningrum.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (171kB)
[thumbnail of LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (278kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan Roro Dewila M.pdf] Text
Lembar Pengesahan Roro Dewila M.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (281kB)
[thumbnail of Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf] Text
Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (292kB)
[thumbnail of Kata Pengantar Roro Dewila Morningrum.pdf] Text
Kata Pengantar Roro Dewila Morningrum.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (117kB)
[thumbnail of Daftar isi roro.pdf] Text
Daftar isi roro.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (254kB)
[thumbnail of Abstrak Roro Dewila Morningrum.pdf] Text
Abstrak Roro Dewila Morningrum.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (192kB)
[thumbnail of BAB I Roro Dewila Morningrum.pdf] Text
BAB I Roro Dewila Morningrum.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II Roro Dewila Morningrum.pdf] Text
BAB II Roro Dewila Morningrum.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III Roro Dewila Morningrum.pdf] Text
BAB III Roro Dewila Morningrum.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV Roro Dewila Morningrum.pdf] Text
BAB IV Roro Dewila Morningrum.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (483kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V Roro Dewila Morningrum.pdf] Text
BAB V Roro Dewila Morningrum.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka Roro Dewila Morningrum.pdf] Text
Daftar Pustaka Roro Dewila Morningrum.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (177kB)
[thumbnail of Lampiran Roro Dewila Morningrum.pdf] Text
Lampiran Roro Dewila Morningrum.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu dalam mempermudah kegiatan
belajar dan mengajar berlangsung, agar siswa lebih mudah dalam memahami
pelajaran,sedangkan media interaktif adalah pemanfaatan komputer untuk
menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (vidio dan animasi)
menjadi satu kesatuan dengan link dan tools yang tepat sehingga memungkinkan
pemakaian multimedia dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan
berkomunikasi. Dan keterampilan menyimak adalah salah satu keterampilan
berkomunikasi yang paling sering digunakan didalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran
interaktif terhadap kemampuan literasi siswa. Metode penelitian yang digunakan
adalah kuantitatif eksperimen. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas III SDS
Tunas Harapan Kabupaten Tangerang. Instrument pengumpulan data
menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan
bahwa hasil rata-rata pre-test dan post-test berbeda, dengan itu menunjukan
adanya pengaruh media interaktif terhadap kemampuan menyimak. Nilai pre-test
sebelum diberikan treatment berupa media interaktif nilai yang diperoleh kelas
kontrol sebesar 73,2 dan kelas eksperimen sebesar 75,7. Sedangkan nilai yang di
peroleh pada post-test dengan menggunakan media pembelajaran interaktif nilai
yang diperoleh kelas kontrol sebesar 86,5 dan kelas eksperimen sebesar 90,1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
Latifah, Nur
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Yulyawan Kurniawan, Eka
1458215
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Keterampilan Menyimak dan Kuantitatif, Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: puteri permatasari
Date Deposited: 10 Jan 2025 09:55
Last Modified: 10 Jan 2025 09:55
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item
View Item