Rohmadona Putri, Adelia (2024) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF IPA SISWA KELAS V SDN KARAWACI 5 KOTA TANGERANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (23kB)
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (240kB)
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (266kB)
4. KEASLIAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (272kB)
6. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (77kB)
8. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (168kB)
9. BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (80kB) | Request a copy
10. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (220kB) | Request a copy
11. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (302kB) | Request a copy
12. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (227kB) | Request a copy
13. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (77kB) | Request a copy
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (76kB)
15. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode mind
mapping dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa atau tidak.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan yaitu Pre-Eksperimental
dengan design One-Group Pretest Posttest. Populasi dan sampel dalam penelitian
ini menggunakan sampling jenuh dimana menggunakan semua anggota populasi
dijadikan sampel. Dimana jumlah populasi siswa kelas V SDN Karawaci 5 Kota
Tangerang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes,
dan dokumentasi. Uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Uji
hipotesis dengan perhitungan uji-T dengan teknik paired sample t test. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa hasil rata-rata pretest dan posttest berbeda,
dengan menunjukkan adanya pengaruh metode mind mapping terhadap
kemampuan berpikir kreatif siswa. Nilai pretest sebelum diberikan treatment
berupa metode mind mapping nilai yang diperoleh yaitu sebesar 52,9. Sedangkan
nilai yang diperoleh pada posttest dengan menggunakan metode mind mapping
yaitu sebesar 81,9. Dengan begitu dapat disimpulkan metode mind mapping
berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA siswa setelah
diberikan perlakukan metode pembelajaran mind mapping.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Thesis advisor Latifah, Nur UNSPECIFIED UNSPECIFIED Thesis advisor Puspita Rini, Candra 1214340 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | mind mapping, kemampuan berpikir kreatif, IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | puteri permatasari |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 09:12 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 09:12 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/806 |