ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Anjani Nura, Shinta (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.

[thumbnail of COVER SHINTA ANJANI NURA.pdf] Text
COVER SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (84kB)
[thumbnail of LEMBAR PERSETUJUAN SHINTA ANJANI NURA.pdf] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (155kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN SHINTA ANJANI NURA.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (401kB)
[thumbnail of PERNYATAAN KEASLIAN PENULIS SHINTA ANJANI NURA .pdf] Text
PERNYATAAN KEASLIAN PENULIS SHINTA ANJANI NURA .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (440kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR SHINTA ANJANI NURA.pdf] Text
KATA PENGANTAR SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (75kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_SHINTA ANJANI NURA.pdf] Text
DAFTAR ISI_SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (133kB)
[thumbnail of ABSTRAK SHINTA ANJANI NURA.pdf] Text
ABSTRAK SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14kB)
[thumbnail of BAB I SHINTA ANJANI NURA.pdf] Text
BAB I SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (91kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II SHINTA ANJANI NURA.pdf] Text
BAB II SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3 SHINTA ANJANI NURA.pdf] Text
BAB 3 SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (267kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4 SHINTA ANJANI NURA.pdf] Text
BAB 4 SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (531kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5 SHINTA ANJANI NURA.pdf] Text
BAB 5 SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA SHINTA ANJANI NURA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (139kB)
[thumbnail of LAMPIRAN SHINTA ANJANI NURA.pdf] Text
LAMPIRAN SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor kesulitan
belajar matematika operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan indikator
kesulitan belajar matematika pada siswa kelas II Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini
adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes
dan nontes (observasi, wawancara dan dokumentasi). Sebelum digunakan
instrumen tes dan nontes telah di uji validitas sehingga layak digunakan. Penelitian
data menggunakan analisis data model Miles & Huberman, yaitu: Redukasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan keabsahan
data berupa triangulasi teknik. Hasil Dari indikator kesulitan belajar matematika
yang digunakan yaitu: (1) kelemahan dalam menghitung, (2) kesulitan dalam
mentransfer pengetahuan, (3) pemahaman bahasa matematika yang kurang, (4)
kesulitan dalam persepsi visual, dan (5) kesulitan dalam mengenal simbol. Maka
hasil penelitian menunjukan bahwa 96,78 % siswa mengalami kesulitan pada soal
nomor 1 dengan indikator kelemahan dalam berhitung dan terdapat 77,41 % siswa
mengalami kesulitan pada soal nomor 5 dengan indikator pemahaman bahasa
matematika yang kurang. faktor yang sering terjadi karena siswa belum memahami
teorema rumus penjumlahan dan pengurangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Thesis advisor
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Matematika, Kualitatif, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: puteri permatasari
Date Deposited: 15 Jan 2025 07:32
Last Modified: 15 Jan 2025 07:32
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/832

Actions (login required)

View Item
View Item