Anjani Nura, Shinta (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA OPERASI HITUNG SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
![[thumbnail of COVER SHINTA ANJANI NURA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
COVER SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (84kB)
![[thumbnail of LEMBAR PERSETUJUAN SHINTA ANJANI NURA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PERSETUJUAN SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (155kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN SHINTA ANJANI NURA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (401kB)
![[thumbnail of PERNYATAAN KEASLIAN PENULIS SHINTA ANJANI NURA .pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
PERNYATAAN KEASLIAN PENULIS SHINTA ANJANI NURA .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (440kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR SHINTA ANJANI NURA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (75kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI_SHINTA ANJANI NURA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI_SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (133kB)
![[thumbnail of ABSTRAK SHINTA ANJANI NURA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (14kB)
![[thumbnail of BAB I SHINTA ANJANI NURA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB I SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (91kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB II SHINTA ANJANI NURA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB II SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (300kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB 3 SHINTA ANJANI NURA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3 SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (267kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB 4 SHINTA ANJANI NURA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4 SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (531kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB 5 SHINTA ANJANI NURA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5 SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (20kB) | Request a copy
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA SHINTA ANJANI NURA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (139kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN SHINTA ANJANI NURA.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN SHINTA ANJANI NURA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor kesulitan
belajar matematika operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan indikator
kesulitan belajar matematika pada siswa kelas II Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini
adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes
dan nontes (observasi, wawancara dan dokumentasi). Sebelum digunakan
instrumen tes dan nontes telah di uji validitas sehingga layak digunakan. Penelitian
data menggunakan analisis data model Miles & Huberman, yaitu: Redukasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan keabsahan
data berupa triangulasi teknik. Hasil Dari indikator kesulitan belajar matematika
yang digunakan yaitu: (1) kelemahan dalam menghitung, (2) kesulitan dalam
mentransfer pengetahuan, (3) pemahaman bahasa matematika yang kurang, (4)
kesulitan dalam persepsi visual, dan (5) kesulitan dalam mengenal simbol. Maka
hasil penelitian menunjukan bahwa 96,78 % siswa mengalami kesulitan pada soal
nomor 1 dengan indikator kelemahan dalam berhitung dan terdapat 77,41 % siswa
mengalami kesulitan pada soal nomor 5 dengan indikator pemahaman bahasa
matematika yang kurang. faktor yang sering terjadi karena siswa belum memahami
teorema rumus penjumlahan dan pengurangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Thesis advisor Yenni, Yenni 0414117904 UNSPECIFIED Thesis advisor Mawardi, Mawardi 0429068603 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar, Matematika, Kualitatif, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | puteri permatasari |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 07:32 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:56 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/832 |