PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA SMP

Ramadhanti, Eka (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA SMP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (87kB)
[thumbnail of lembar persetujuan.pdf] Text
lembar persetujuan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (101kB)
[thumbnail of pengesahan.pdf] Text
pengesahan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (139kB)
[thumbnail of pernyataan keaslian tulisan.pdf] Text
pernyataan keaslian tulisan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (149kB)
[thumbnail of kata pengantar.pdf] Text
kata pengantar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (74kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (110kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (29kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (237kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (121kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan
kemampuan berpikir aljabar siswa yang menggunakan pendekatan Pembelajaran
Matematika Realistik (PMR) pada siswa kelas VII SMP Bani Syai Pakuhaji.
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dengan desain
Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP Bani Syai, yaitu kelas VII A, VII B dan VII C.
Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas dengan masing-masing jumlah
siswa 20 orang, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan
Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan kelas VII B sebagai kelas kontrol
dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Biasa (PMB). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir aljabar antara siswa
yang menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan siswa
yang menggunakan Pembelajaran Matematika Biasa (PMB). Hal ini dapat dilihat
dari hasil uji hipotesis dan wawancara. Kemudian terdapat peningkatan rata-rata
kemampuan berpikir aljabar antara siswa yang menggunakan Pembelajaran
Matematika Realistik (PMR) dengan siswa yang menggunakan Pembelajaran
Matematika Biasa (PMB) dengan hasil N-Gain menunjukkan bahwa kelas
eksperimen memiliki N-Gain Score 0,4500 atau 45,00% yang berada pada
kategori sedang. Dan kelas kontrol memiliki N-Gain Score 0,1040 atau 10,40%
yang berada pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
Contribution
Contributors
Nidn
Email
Thesis advisor
Warsito, Warsito
0322117402
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Sarah Fauziah Iskandar, Ratu
0417048901
UNSPECIFIED
Additional Information: Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), Kemampuan Berpikir Aljabar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: puteri permatasari
Date Deposited: 05 Feb 2025 08:58
Last Modified: 06 Feb 2025 06:54
URI: http://repository.umt.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item
View Item