Ramadhanti, Eka (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA SMP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG.
![[thumbnail of cover.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (87kB)
![[thumbnail of lembar persetujuan.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
lembar persetujuan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (101kB)
![[thumbnail of pengesahan.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
pengesahan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (139kB)
![[thumbnail of pernyataan keaslian tulisan.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
pernyataan keaslian tulisan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (149kB)
![[thumbnail of kata pengantar.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
kata pengantar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (74kB)
![[thumbnail of daftar isi.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
daftar isi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (110kB)
![[thumbnail of abstrak.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (29kB)
![[thumbnail of bab 1.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
bab 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (174kB) | Request a copy
![[thumbnail of bab 2.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (205kB) | Request a copy
![[thumbnail of bab 3.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (293kB) | Request a copy
![[thumbnail of bab 4.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (237kB) | Request a copy
![[thumbnail of bab 5.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (27kB) | Request a copy
![[thumbnail of daftar pustaka.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
daftar pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (121kB)
![[thumbnail of lampiran.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan
kemampuan berpikir aljabar siswa yang menggunakan pendekatan Pembelajaran
Matematika Realistik (PMR) pada siswa kelas VII SMP Bani Syai Pakuhaji.
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dengan desain
Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP Bani Syai, yaitu kelas VII A, VII B dan VII C.
Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas dengan masing-masing jumlah
siswa 20 orang, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan
Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan kelas VII B sebagai kelas kontrol
dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Biasa (PMB). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir aljabar antara siswa
yang menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan siswa
yang menggunakan Pembelajaran Matematika Biasa (PMB). Hal ini dapat dilihat
dari hasil uji hipotesis dan wawancara. Kemudian terdapat peningkatan rata-rata
kemampuan berpikir aljabar antara siswa yang menggunakan Pembelajaran
Matematika Realistik (PMR) dengan siswa yang menggunakan Pembelajaran
Matematika Biasa (PMB) dengan hasil N-Gain menunjukkan bahwa kelas
eksperimen memiliki N-Gain Score 0,4500 atau 45,00% yang berada pada
kategori sedang. Dan kelas kontrol memiliki N-Gain Score 0,1040 atau 10,40%
yang berada pada kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors Nidn Email Thesis advisor Warsito, Warsito 0322117402 UNSPECIFIED Thesis advisor Sarah Fauziah Iskandar, Ratu 0417048901 UNSPECIFIED |
Additional Information: | Silahkan menghubungi admin perpustakaan sesuai jurusan jika menginginkan full paper |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), Kemampuan Berpikir Aljabar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | puteri permatasari |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 08:58 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 06:54 |
URI: | http://repository.umt.ac.id/id/eprint/950 |